Wawali Lantik Eselon III dan IV, Inilah Jumlah Kabinet Superstar

Palu, Satusulteng.com – Sebanyak 568 PNS di lingkup Kota Palu. Siang tadi,  dilantik Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said yang lebih dikenal “Pasha Ungu”, Kabinet yang dia namakan Superstar tersebut. Melantik eselon IIIa sebanyak 43 orang, jabatan administrator eselon IIIb sebanyak 101 orang. Sedangkan jabatan pengawas eselon IVa sebanyak 404 orang dan jabatan pengawas eselon IVb sebanyak 20 orang.

Wawali dalam sambutannya menegaskan, kepada seluruh pejabat yang dilantik ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan disiplin ilmunya.

“Tak ada yang salah penempatan. Seluruh tim meyakini posisi itu pas dan telah sesuai ilmunya dengan proses yang telah dilewati,”Kata Pasha dalam sambutan. Kamis, 19 Januari 2016.

Menurutnya, penempatan jabatan itu dianggap paling rasional. Serta menyesuaikan konteks kemampuan manajerial dan pengalaman selama menjabat.

“Itu karena kita mengembalikan pejabat pada tempat yang seharusnya. Soalnya selama ini, ada sarjana teknik yang ngurus kesehatan. Ada juga sebaliknya,” sebut Pasha.

Sehingga Walikota mengatakan, bahwa memang sengaja melakukan pantukhir sebelum menempatkan para pejabat eselon III dan IV tersebut dalam jabatan barunya.

“Walikota menilai ada yang keliru selama ini. Makanya digelar pantukhir untuk menyeleksi pejabat ini.  Dalam proses pantukhir itulah kami menetapkan formasi,” Ujarnya.

Dia mengibaratkan, kabinet layaknya sebagai sepeda motor. Seluruh onderdil yang terpasang harus sesuai dengan tugas fungsinya masing-masing. Pejabat bawah menurutnya adalah onderdil yang harus menunjang kinerja. Maka misalkan ada baut yang tidak sesuai, maka sepeda motor itupun dipastikan tidak berjalan maksimal.

“Yakinlah pak wali telah berhari-hari, utak-atik, geser sana geser sini dalam rangka tune up kembali onderdil. Setidaknya menyesuaikan mur dan bautnya jangan sampai ada yang saling tertukar,”terangnya.

Wawali juga mengutarakan, bahwa selama tiga bulan kedepan. Pihaknya akan menempatkan Intel diseluruh kantor untuk memantau kinerja para pejabat yang baru dilantik.

“Jadi jangan bahagia dan geer dulu. Jangan terbuai karena tiga bulan kedepan ada proses pemantauan. Banyak Intel akan ditempatkan untuk bantu nilai kinerja kalian,” Jelasnya, kepada seluruh PNS yang baru dilantik.

Ia mengatakan bahwa nantinya disetiap kantor ada menempatkan tim intel itu akan menilai apakah pejabat bersangkutan bekerja maksimal. Jika ada pejabat yang kinerjanya tidak sesuai harapan, maka dipastikan akan ditarik kembali.

“Jadi tidak harus 3 bulan juga. Kalau ada yang ngaco, maka dengan segala hormat harus disusun kembali. Kalau perlu tiap hari pelantikan,” terangnya. (Eky)

1,050 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments