Ratusan Penyuluh Ikuti Temu Teknis

Touna, Satusulteng. com – Sebanyak 114 orang penyuluh yang terdiri dari 99 orang penyuluh pertanian, 10 orang penyuluh perikanan dan 5 orang penyuluh kehutanan mengikuti temu teknis yang dirangkaikan dengan temu wicara antara Bupati dan Wakil Kabupaten Tojo Una-una dengan penyuluh se-Kabupaten Tojo Una-una tahun 2016, di gedung Audutorium kantor Bupati setempat, Senin (26/09/2016) kemarin.

Plt Kaban Ketahanan Pangan dan Penyuluh Tojo Una-una. Ir. Munawar Mapus, M.Si menyampaikan, kegiatan ini juga merupakan amanat undang-undang No 16 tahun 2006 tentang system penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan yang menyebutkan bahwa bukan hanya sekedar transfer teknologi tapi juga mencakup pembelanjaran terhadap pelaku utama  dalam hal ini petani dalam kemampuan mengakses pasar dan permodalan.

“Keberhasilan pembangunan di sector pertanian sangat ditentukan oleh kualitas kemampuan SDM pelaku utama dan pelaku usaha termasuk didalamnya kemampuan menegerial kewirausahan dan organisasi,” kata Munawar Mapu yang juga sebagai Asisten III Pemdat Tojo Una-una.

Dia mengungkapkan, tujuan dilaksanakan kegiatan temu teknis ini untuk meningkatkan komitmen dan wawasan penyuluh pertanian, perikanan dan kehutana sebagai ujung tombak ketahanan pangan dan sebagai wadah mendapatkan masukan terkait ketahanan pangan di Kabupaten Tojo Una-una sebagai pendamping dan garda terdepan.

“Kegiatan ini juga guna meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan dalam membimbing kelompok untuk menyusun rencana kegiatan usaha tani dalam rangka mendukung kemandirian pangan dan agrobisnis,” ungkapnya.

366 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments