Pedagang Musiman Atribut Kemerdekaan di Touna dari Pulau Jawa

Touna, Satusulteng.com – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekan Republik Indonesia (RI) ke-72 tahun 2017, sejumlah titik di Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) diramaikan oleh sejumlah Pedagang bendera merah putih, umbul-umbul dan sejumlah atribut Kemerdekaan RI, yang dijajagkan oleh para Pedang.

Pantauan media ini, Jumat (4/8) para pedagang musiman yang datang dari pulau Jawa memanfaatkan beberapa ruas jalan utama dan ruang publik di kota setempat.

Khas bendera merah putih berbagai ukuran dan variasi dapat dipasang pada mobil dalam bentuk gantungan atau ditempel di kaca mobil. Juga ada umbul-umbul yang dapat dipasang di rumah maupun kantor.

Pedagang musiman pernak pernik HUT RI, menawarkan bendera merah putih dengan harga bervariasi mulai Rp25.000 hingga Rp180.000 atau tergantung ukuran. Sedangkan umbul-umbul dijual Rp35.000 hingga Rp60.000 per lembar.

Pedagang pernak pernik HUT RI Budi (40) mengatakan, dirinya bersama beberapa temannya datang dari Jawa berjualan di Kabupaten Touna sejak pekan lalu.

“Untungnya lumayan untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Sebagian hasil penjualan dikirim untuk keluarga di Jawa dan sebagian untuk mengorder barang dagangan,” kata Budi saat berbincang dengan media ini, Jumat (4/8).

Sementara itu seorang pembeli Arfie (32) mengatakan kehadiran pedagang umbul-umbul, bendera merah putih berbagai ukuran serta pernak pernik menyambut HUT Kemerdekaan RI 2017 memudahkan warga untuk memilikinya.

“Daripada menjahit sendiri atau pesan dari Jawa butuh waktu dan biaya yang lebih besar. Kalau sekarang bebas memilih sesuai selera,” kata Arfie.(yya).

264 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments