Inovasi dan Ide Tujuh Doktor Unisa Palu Ke Masyarakat Sulteng

Palu, Satusulteng.com – Inovasi  dan ide tujuh doktor dari Universitas Alkhaeraat (Unisa) Palu kepada masyarakat dan pemerintah Sulawesi Tengah (Sulteng), dikumpukan dalam bentuk buku dengan judul Unisa untuk Sulteng (Sumbangsih Keilmuan Berbasis Riset Doktor). Demikian ditegaskan Wakil Rektor I Unisa Palu, Dr. Muhammad Yasin, M.P kepada media Jumat (21/4/2017).

Dijelaskan ide dan inovasi pada doktor itu yang sehari-hari adalah dosen di berbagai fakultas  Unisa Palu, merupakan hasil karya dari penelitian dengan lokasi di wilayah Sulawesi Tengah, guna menulis disertasi merampungkan studi di program doktoral parcasarjana kampus di luar Sulteng.

Para doktor yang menulis itu pertama yakni; Dr.Ahmadan B. Lamuri, S.Ag, M.H.I dengan judul artikel,Manajemen dan Bentuk Pengelolaan Wakf Alkhairaat Palu Sulteng. Penelitian disertasi di PPs UIN Walisongo Semarang, kata Wakil Sekretaris Pengurus Besar Alkhaeraat ini.

Penulis kedua,  Dr. Ir Aris Aksarah, MP denga judul tulisan , Eksplorasi Konsorsium Mikrob Filosfer dan Rizosfer asal Berbagai Ekosistem di Kabupaten Sigi dan Pemanfaatannya untuk meningkatkan pertumbuhan Tanaman Padi. Tulisan iniringkasan dari penelitian disertasi capai doktor di PPs-IPB, tegas Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam komisariat Unisa

Artikel ketiga ditulis oleh Dr Ir Hasmari Noer, M.Si dengan judul, Pengembangan Komoditas Tanaman Pangan dalam Lahan Kering ditinjau dari Pola Usaha Tani (Studi Kasus pada Petani Tanaman Pangan Llahan Kering di Kabupaten Morowali. Karya  penulis saat menyelesiakan studi S3 pertanian di PPs-Unpad Bandung.

Tulisan selanjutnya, Dr.Misriyani, S.Si, M.Sc berjudul, Sintesis dan Modifikasi Film TiO2 Nabotube untuk Aplikasi Anti Korosi Stainless steel pada Paparan Sinar Ultraviolet, ringkasan karya disertasi di S3 ilmu kimian PPs-Unhas, ungkap anggota Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Sulteng ini.

Dr.Ir Kasman Jaya Saad penulis kelima dengan judul artikel, Perilaku petani Bawang Merah dalam Pengendalian Hama Berbasis Eksosistem di Kabupaten Sigi Sulteng. Ide dan inovasi ini merupakan karya disertasi menyelesaikan studi S3 Lingkungan Hidup PPs-UNM.

Penulis keenam adalah, Dr. Umar Latas, S.Pi, M.Si, menulis artikel dengan judul, Keberlanjutan Perikanan Pelagis Kecil di Teluk Palu. Inovasi merupakan ringkasan dari disertasi di S3 Perikanan di PPs-IPB, tandas pria kelahiran a8 Agustus 1964 ini.

Inovasi dan ide ketujuh dalam buku setebal 190 halaman ini ditulis oleh, Dr. Muhammad Yasin, SE, MP dengan judul tulisan, Keputusan Petambak dalam Menetapkan Teknologi Budidaya Udang dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pendapatan Rumah Tangga Petambak di Parigi Moutong,

Buku dengan dua editor yakni; Kasman Jaya Saad dan Sarfika Datumula diterbitkan LPM Unisa Palu kerjasama EndeCe Press. Cetakan pertama buku ini Februari 2016 dengan No ISBN; 978-602-73357-1-4, tegas dosen Fakultas Ekonomi Unisa Palu ini. (yahya)

351 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments