Inilah Jet Tempur Yang Ramaikan HUT Kota Palu

Palu, Satusulteng.com – Dalam Perayaan Hari Ulang Tahun HUT Kota Palu yang ke 38, nampak ada yang berbeda dilangit bumi tadulako,yakni jet tempur yang terkuat didunia itu melintasi kota palu untuk meramaikan HUT Kota Palu dengan kedatangan Pesawat Sukhoi 30 Tenggo Sera 3007 yang berpangkalan di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar

Sekitar 10 menit pesawat yang di Piloti Kolonel Dedy Ilham melakukan beberapa manuver hingga atraksi penghormatan, yang dimana sambil memutar-mutar badan pesawat dan mengeluarkan asap sehingga hal ini mendecak kagum dari para tamu sembari tepuk tangan, Selasa, 27 September 2016.

Setelah itu pesawat sukhoi tersebut kembali bertolak ke Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Hal itu di benarkan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar Marsekal muda (Marma) TNI Nanang Santoso saat menghadiri peringatan Hut Kota Palu,

Marsma Nanang mengatakan, atraksi memutar badan di lakukan jet tempur itu merupakan simbol penghormatan kepada Pemerintah Kota Palu.

“Kalau pesawat memutar badanya berulang ulang kali sambil mengeluarkan asap itu tanda penghormatan,” Terang Nanang.

Nanang mengatakan, dirinya sengaja tidak memberitahukan kepada MC bahwa akan ada atraksi sukoi dari TNI-AU. sebab menurutnya, kehadiran sukoi itu merupakan surprise sekaligus kado TNI-AU di Hut Kota Palu ke-38.

“Kami sengaja tidak beritau, kalau diberitau itu namanya bukan surprise dong,” Ujarnya sembari tersenyum.

Sebenarnya lanjut dia, atraksi itu dilakukan dua pesawat. Namun,karena ada kendala teknis, akhirnya hanya satu pesawat yang bisa melakukan manuver diperayaan Hut Kota Palu.

“Sebenarnya kami turunkan dua sukoi, namun karena ada kendala teknis, akhirnya diputuskan satu saja bertolak ke Palu untuk menyapa warga Palu,” Ungkapnya

Nanang menjelaskan, keberadaan TNI-AU dalam rangka menjaga dan mengamankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selalu siap sedia dimanapun dan dengan medan apapun. Olehnya, disetiap daerah TNI-AU ada tidak terkecuali di Kota Palu. (Eky)

371 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments